6 Tahun berteman dengan Vertigo

by - June 16, 2018

vertigo

Vertigo Oh vertigo... 
Datang tak dijemput pulang tak diantar.
Sejak tahun 2012 Januari saya sudah berteman dengan vertigo. Hamipr setiap tahun vertigo datang berkunjung. Setidaknya satu tahun sekali atau paling sering setahun lebih dari dua kali. Tapi alhamdulilah semenjak hamil akhdan 9 Bulan sampai melahirkan dan anak berusia 1, 5 tahun, vertigo absen.

Tapi barusan saja, malam lebaran (15-06-18) selepas saya berkeliling kampung dan kelelahan, namun masih hyperaktif ngeladenin guyonan anak dan adik, vertigo ini mampir lagi. Mungkin mau ikut bersilahturahmi lagi dengan saya, setelah setahun berlalu. Beruntung vertigo yang tadi malam, masih jenis ringan dan cepat ditangani kalo tidak berlanjut ke yang lebih berat.

Kalian tau vertigo?
Kalo belum tau yuk aku kenalin. 

Vertigo ini bukan maksud nama orang seperti bayangan cerita di atas ya. Menurut website kesehatan Alodokter, Vertigo adalah gejala dari suatu penyakit. Sebuah sensasi diri yang merasa pandangan yang dilihat selalu berputar dan terjadi secara tiba-tiba. Beberapa vertigo ada yang ringan sampai parah dan mengganggu rutinitas. Biasanya vertigo yang parah berlangsung lebih lama beberapa jam sampai hari, sehingga penderita tidak bisa melakukan aktifitas normal.

Rasanya Vertigo

Kalo sudah berurusan sama vertigo ini angkat tangan dah (lebay). Beneran, karena pusingnya sungguh terlalu. Nih ya, rasanya itu seperti seluruh apa yang kita lihat berputar, memejamkan mata pun gak mampu menahan serangan berpusing, bahkan untuk bergerak atau merubah posisi (terutama kepala) saja tidak kuat apalagi berjalan.

Biasanya vertigo hilang sendiri atau mulai ringan sampai kurang lebih 8-12 jam. itu dalam keadaan penderita lemah, setelah terus-terusan mual, muntah, jantung berdebar dan keluar keringat dingin berlebih. pokoknya sekali lagi saya bilang, lemah tak berdaya, menyiksa, dan tidak bisa diredakan dan semua itu harus dinikmati selama beberapa jam! Bahkan ketika sudah mendingan efek mual dan sedikit pusing masih terasa besoknya. Pastinya ketika pulih masih harus menjaga keseimbangan, tidak bisa bergerak cepat seperti menengok, mendongkak (jungkir balik apalagi kayang, kebiasaan atraksi lagi kecil) 😂

Meminum obat parasetamol pun gak akan mempan karena tidak nyambung penyakitnya, sekalipun minum bodrek 3 tablet percuma gak akan ngaruh. saran saya gula darah jangan sampe turun drastis, selalu sarapan dan tidak kecapean berlebihan. Kesalahan saya, menikmati rasa sakit itu. Lah orang mau berobat aja gak bisa jalan. Tapi kalo udah sembuh kok jadi lupa berobat ya.

Ketika vertigo kambuh, penderita membutuhkan pertolongan seseorang 
Seorang yang sedang kambuh vertigonya, membutuhkan pertolongan sesorang untuk ada disisinya. jadi jangan sampai penderita sendirian ya, karena akan tersiksa sekali. terlebih bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil karena pengasuhan anak menjadi terbengkalai dalam keadaan ibu terbaring lemah tak mampu berdiri apalagi berjalan.

Menghindari Pemicu Vertigo

Tidak terasa sudah 6 tahun lebih, berteman dengan si vertigo. Dulu saya anggap sebagai tamu juga musuh namun akhir-akhir ini saya sedang belajar berdamai dengannya. Setidaknya saya sudah pengalaman dan mengerti situasi yang harus dihindari dan pencegahaannya. jangan bergerak terlalu cepat seperti menengok, bangun tidur jangan langsung berdiri, hindari juga tempat ramai, riuh, pengap, seperti pasar menjelang lebaran (karena ramai banget dan bikin linglung), stasiun kereta api menjelang mudik atau jam kerja, terutama tubuh dalam keadaan capek dan sedang stress.

Penyebab dan obat vertigo?

Sebenarnya obat itu hanya memberi efek meringankan ya, bukan sebagai penyembuh total karena vertigo ini gejala penyakit pengobatannya harus ditangani yang ahlinya langsung. dan penyebab vertigo ini banyak sekali, Seperti darah tinggi, tumor otak, gangguan telinga dalam, dll. Saya sendiri merasa memiliki gangguan telinga dalam, Karena waktu check up did tempat kerja dulu dokter menyarankan saya untuk periksa THT namun tidak saya hiraukan 😂

Saya biasanya membeli obat di apotik untuk vertigo. Ada banyak merk obat vertigo, Seperti vistigo, mertigo, hestigo yang disebabkan gangguan telinga dalam.

Alhamdulilah, hari ini vertigonya sudah lebih ringan. Karena Hari ini adalah hari kedua Idul Fitri dan suasananya lebarannya masih kerasa banget jadi saya memutuskan untuk membereskan si vertigo ini besok, mungkin bisa jadi di rujuk ke THT dan mengikuti terapi (begitu informasi yang saya baca) tidak lupa urusan berobat menggunakan BPJS.

Baca juga Pentingnya BPJS dan Cara daftar online BPJS Kesehatan

TIPS Ketika vertigo menyerang,
  • Pegangan pada sesuatu, jangan malu untuk minta bantuan sesorang
  • Duduk, jangan berbaring atau memakai bantal yang agak tinggi
  • Berhenti jika sedang membawa kendaraan
  • Minum banyak air putih karena efek muntah untuk menghindari dehidrasi (teh manis boleh)
  • Hidari tempat yang terlalu terang dan ramai
  • Boleh mengolesi minyak angin aromaterapy
  • Mempertahankan posisi kepala (jangan terlalu sering menoleh)
  • Minum obat pereda vertigo


Tunggu saja ya, tulisannya berikutnya tentang penanganan vertigo 😊

Semoga cerita ini bermanfaat! 

You May Also Like

8 komentar

  1. Alhamdullilah Mpo tidak mengalami nya. Ini penyakit penyebab kematian, bukan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denger2 iya, Tapi blm Ada fakta yg jelas mpok. Duh mpok ngmng mati jadi takut Aku 😁

      Delete
  2. Ikut prihatin dan ikut mendoakan agar kak Bella cepat sembuh dari vertigo.
    Rutin minum ginko biloba yang ada di toko obat traditional herbal china, kak ... barangkali bisa menyembuhkan total.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Coba aku cari di Google dlu ya.. makasih informasinya

      Delete
  3. Salah satu temenku ada yg punya penyakit ini. Dan sepertinya dia agak parah sih tiap kumat. Sampe pernah ga masuk kantor lbh dr 3 hr. Kasian kalo ngeliat dia mulai kumat. Memang kayak tersikda banget mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks Aku sangat merasakan 😭 Semoga temannya cepat sembuh 🙏 amiin

      Delete
  4. wah, aku pernah mengalami vertigo mbak.
    cuma waktu itu aku lagi lapar dan emng cape banget, banyak kegiataan pas jaman kuliah dulu.
    serem bahkan sampe muntah2.

    Puji Tuhan skrng udah hilang dan ga datang2 lg.
    yg penting cukup istirahat dan ga stress ya mbak, lekas pulih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Liana 😊 semoga saya juga tidak kambuh2 lagi

      Delete