Skip to main content

Cara Masak Ketupat Lebaran Tanpa Ribet!

Cara Masak Ketupat

Assalamualaikum parents,
Ketupat yang didentik dengan daun kelapa hijau muda sudah menjadi menu yang khas ya, saat lebaran. Ketupat juga merupakan menu pasangan opor ayamsemur daging dan rendang. Selain sebagai menu khas, ketupat memiliki filosofi yang dalam dari masyarakat jawa. Tidak heran Ketupat ini selalu menjadi lambang Hari Raya Idul Fitri.

Berhubung sebentar lagi lebaran, di blog post kali ini saya ingin sharing tentang Cara Masak Ketupat Lebaran Tanpa Ribet! Kenapa tanpa ribet? Sebenarnya ada banyak faktor dari sebagian orang yang tidak ingin ribet dalam memasak ketupat. Karena proses dari memasak ketupat itu relatifnya membutuhkan waktu yang lama, terutama jika baru pertama kali. Pertama risiko kegagalan lebih besar atau berhasil namun tak seenak buatan nenek, yang kedua Cara masak ketupat tanpa ribet ini cocok buat kalian yang tidak bisa menikmati ketupat buatan rumah disebabkan tidak bisa pulang kampung, tanpa kehilangan moment ciri khas lebaran itu sendiri.

Belum lama ini ada produk baru ketupat mini dari pat pat K-Tupat K-Link yang bisa menjadi alternatif memasak ketupat dengan mudah dan tanpa gagal. Tanpa gagal disini maksudnya persentase kegagalannya sangat kecil, artinya lebih menghemat waktu dengan proses pembuataan yang praktis langsung rebus. tanpa harus capek-capek memasukan beras, mengukur kadar air, waktu perebusan yang lama dan biasanya ibu muda seperti aku ini masih sering gagal masak ketupat 😂

Nah, Untuk memasak ketupat tanpa ribet saya memilih K-Tupat mini Klink sebagai bahan utamanya. Ada yang belum tau? Yuk, kenalan dulu!

Packaging tampak luar K-Tupat mini
Cara Masak Ketupat
K-Tupat mini dikemas dalam kardus persegi, berwarna hijau, ada gambarnya isi ketupat dengan background ketupat. Isi 20 bungkus atau 20gr. 

Cara Masak Ketupat
K-Tupat mini ini sudah terdaftar di BPOM RI, jadi tidak perlu khawatir tentang kandungan berbahaya. 

Cara Masak Ketupat
Pat Pat K-Tupat ada lebel halalnya, jadi aman untuk dikonsumsi. 

Cara Masak Ketupat
Lengkap, ada cara memasaknya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Produk yang dikeluarkan pun 100% Indonesia artinya beras yang didapatkan dari petani lokal buatan Indonesia. 

Packaging K-Tupat dari dalam
Cara Masak Ketupat
Kemasan pembungkus packet K-Tupat mini menggunakan plastik kedap udara. Dikemas sangat cermat demi menjaga kualitas isi. 

Cara Masak Ketupat
Kantung K-Tupat menggunakan plastik food grade, free BPA jadi aman saat proses pemanasan/perebusan berlangsung. 

Cara Masak Ketupat Mini Klink


Cara Masak Ketupat
1. Cuci kantung K-Tupat sesuai kebutuhan dengan air bersih yang mengalir.

Cara Masak Ketupat
2. Masukan air bersih sesuai keperluan untuk merebus ketupat ke dalam panci, bila perlu masukan daun pandan untuk menambah aroma.

Cara Masak Ketupat
3. Masukan kantung ketupat yang telah dicuci ke dalam panci berisi air bersih. kantung K-Tupat harus terendam sempurna. Rebus K-Tupat sampai mengembang dan matang. Kurleb 60-90 menit. Tambahkan air lagi, apabila air rebusan berkurang.

Cara Masak Ketupat
4. Angkat dan tiriskan K-Tupat siap untuk disajikan.

Bagaimana? Mudahkan Cara Masak Ketupat Lebaran Tanpa Ribet!
Cukup dengan 3 langkah untuk memasak ketupat ini; dicuci, direbus, sajikan. 

Kelebihan Ketupat Mini, Pat pat K-Tupat mini
✔️ Memasak lebih cepat
✔️ Takaran sudah sesuai, anti gagal
✔️ Plastik food grade
✔️ Halal
✔️ Free BPA

So, dimanapun, kapapun acaranya sekarang memasak ketupat bisa sangat mudah dengan K-Tupat mini terutama untuk sajian alternatif disaat waktu tak memungkinkan untuk memasak ketupat. Dengan K-Tupat Klink kta tetep bisa merasakan ketupat tanpa harus repot atau kehilangan moment special di Hari raya. Tidak hanya untuk menemani semur daging atau opor ayam. K-Tupat mini ini bisa juga dikreasikan dengan berbagai macam masakan, misalnya Lontong sayur, ketoprak dan lain-lain.

Alhamdullilah Hari Raya tinggal menghitung hari saja. Saat-saat yang paling saya nanti adalah kumpul keluarga lalu sarapan semur daging dengan ketupat.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H
Salam Tempel #eh, Salam Ketupat Maksudnya! 😁


Comments

  1. Wah, baru tahu kalau ada kantung ketupat seperti ini lebih praktis dan simple.. oh, ya itu berasnya sudah sekalian satu paket sama kantungnya gak sih??😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah Kalo enggak berasnya amaramparan hihi

      Delete
  2. ketupatnya lucu, wkwkw,,
    instant yaa,,

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu nih produk ini....mksh infonya

    ReplyDelete
  4. Indomaret lagi promosi. Tanpa bahan pengawet lebih sehat

    ReplyDelete
  5. Loh, ada juga ya ketupat instan gini wkwkwk. Mirip lontong yg dibungkus plastik nih tampilanya. Kirain tadi bungkusnya pake janur juga.

    ReplyDelete
  6. Jadi simpel ya bun. Apalagi aku dgn 2 anak yg sudah tdk ba masak berjam2 lagi ini sangat membantu agar bisa tetap menyantap ketupat di hari raya nanti

    ReplyDelete
  7. Wah bun baru tahu saya masak ketupat segampang ini. Cocok banget buat saya yang nggak jago masak hahaha. Malah biasanya pak suami yang lebih jago masak. Berarti kalau nanti saya masak ketupat, cari aja ketupat merek ini ya 😃

    ReplyDelete
  8. Whuaaa solusiii banget ini mah orang-orang yang gak bisa bikin ketupat kaya saya, ahahah... Hemat waktu dan hemat tenaga juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya, lebih banyak hematnya ini mah hehe

      Delete
  9. ya Allah.. cute banget siii ini.. bisa langsung jadi hehehhe... enak memangkas banyak waktu... bisa nyobain ini... uda 3th aku nggak bikin ketupat soalnya mamak lagi sakit, nah aku ga bisa bikin wkwkkwkw

    ReplyDelete
  10. Belinya dimana ya mbak? Apa di supermarket2 ada? Atau onlen, jd pengen soalnya gak bisa masak ketupat hehe

    ReplyDelete
  11. Wah segampang ini masak ketupatnya, kalau gak ribet tentunya pengen banget masak ketupat untuk hidangan saat lebaran. Soalnya keluarga pada suka ketupat

    ReplyDelete
  12. Jadi gak perlu panci presto lagi donk buat bikin ketupat...yyeeyy..
    Makasih banyak info nya mba

    ReplyDelete
  13. Waaah mantab! Ini yang ku cari dari kemarin. Tapi aku udah pesen sama langganan. Tapi mau coba juga versi yang ini. Jadi plastik nya aman yah ketika dimasak kena suhu panas. Alhamdulilah. Terima kasih sudah berbagi. Dunia semakin menjadi mudah. Gak perlu repot. Btw I will share your blog link!

    ReplyDelete
  14. Baru tau ada model ktupat begini. Asli praktus banget. Tinggal rebus aja ya mba. Buat anak rantau juga sinple banget.

    ReplyDelete
  15. Sekarang bikin ketupat ga perlu takut gagal yaa Mba. Secara kan itu makanan koentji di hari raya. Dipasangin sama lauk apapun mah cocok-cocok aja. Hmmm.. Jadi lapar nih ^^

    ReplyDelete
  16. Suka banget sama pat pat ini.... Enak, gampang, dan anti gagal.. .. Rasanya juga enak. Cuma tetap PR nih klo buat aku masak lauk ya hahaha. Soalnya klo daging semur yang instant kurang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging semur instant adanya di indomie variant rasa mom haha

      Delete
  17. Wow, praktis banget nih. Belinya di mana mbak ? Di tempat saya gak ada konter k link atau semacamnya. Pengen beli deh buat kalo pengen pengenan masak lontong. Kalo lebaran, ibu mertua yang masak. Hihihi

    ReplyDelete
  18. Ga kalah soal rasa dengan ketupat daun janur ya mba. Saya juga sudah coba 45 menit dah matang dan bisa dinikmati, praktis banget

    ReplyDelete
  19. Kreatif bnget deh bikin kyk gini k link ya, lumayan bikin ringkes kalau masak ketupat.

    ReplyDelete
  20. Waaaa baru tau nih ada ketupat instan kayak gini. Tapi tetep milih yang pakai daun ah mba aku. Justru yang bikin khasnya itu kan daunnya, mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalamanku Ketika Melahirkan Anak Pertama

Sudah lima tahun lamanya saya melahirkan si sulung. jika diingat-ingat saya masih ingat betul rasanya proses melahirkan itu seperti apa. baiklah saya akan tuang pengalaman ini di sini, mengenang rasanya pertama kali menjadi seorang ibu. 
1 Bulan Sebelum Melahirkan
Seperti biasanya saya olahraga jalan kaki di sekitar rumah (waktu  itu saya masih ikut mertua) tiba-tiba perut bagian bawah saya dan tulang selangkangan sakit sekali seperti rahim turun drastis, rasanya berat tiba-tiba. apa mungkin karena saya berjalan terlalu cepat. saya istirahat sejenak dan tidak bisa berdiri saya jongkok beberapa saat, lalu jalan lagi. waktu itu saya takut sekali melahirkan, takut kelahiran anak saya prematur.

kaki terpelintir setiap mau meluruskan badan setelah bangun tidur, sakitnya luar biasa sampai tidak bisa digerakan sama sekali, jeda beberapa menit mulai lancar digerakin. ini terjadi setiap 2 hari sekali pas hamil tua, ga tau kenapa.

Saya melakukan pemeriksaan USG tahap terakhir diantar deng…

Anak Tumbuh Menjadi Nakal? Intropeksi Cara Mendidiknya

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya nakal, memliliki anak yang soleh dan soleha adalah impian semua orang. lantas bagaimana dengan anak yang nakal atau pembangkang? padahal kita sudah berusaha maksimal mendidiknya.

Jika anak berubah menjadi nakal, jangan langsung menyalahkannya atau orang lain tapi dimulai dari  intropeksi 'diri sendiri' dulu, apakah selama ini sudah benar cara mendidiknya? jangan-jangan, kita justru keliru. tak jarang orang tua merasa benar tapi justru salah, meskipun yang kita lakukan semata-mata untuk kebaikan anak. tapi jangan sampai jadi 'salah didik'.

Allah berfirman: إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ “Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Qs. At Taghabun: 15)
Anak juga menjadi cobaan hidup bagi orangtuanya. Sehingga orangtua diminta agar berhati-hati. Keindahan itu tidak boleh melalaikan kita dari tugas para orangtua menjadi h…

Bersama, kita hentikan Kekerasan pada Anak dan Perempuan

Beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2014 saya menaiki bus dari Bekasi menuju Indramayu berdua dengan anak saya yang masih balita. waktu itu keadaan penumpang cukup sepi, mungkin hanya 5 baris dari depan yang terisi penuh. selebihnya di belakang kosong melompong. saya duduk di paling belakang barisan ke 5. pada barisan tempat duduk yang sejajar dengan saya ada laki-laki dan perempuan, sepertinya mereka pasangan entah pasturi atau pacar, dari wajahnya mereka masih sangat muda sekitar 20 tahunan.

Tidak lama duduk menikmati perjalanan, terdengar suara gaduh yang menarik perhatian saya sepertinya pasangan itu sedang bertengkar. laki-laki itu berbicara dengan kata-kata kasar, membentak, dan memaki si perempuannya. saya mulai khawatir terjadi sesuatu, dan semakin khawatir karena pasangan itu pindah ke tempat duduk paling belakang.

Suara gaduh itu tidak berhenti sampai disitu, disusul dengan suara benda jatuh. ya allah saya mulai ketakutan. anehnya orang seisi bus tidak ada yang peka, sa…

Jika Tabungan Berencana di Ambil Sebelum Jatuh Tempo

Jika kamu masih ragu untuk memutuskan ikut tabungan berencana atau kamu yang sedang ikut program tabungan jenis ini dan lagi dilema memikirkan "ambil, jangan, ambil, jangan" atau "ikut, jangan, ikut, jangan" kamu sedang membaca artikel yang tepat! karena saya akan mengulas semua sebab, akibat "Menarik Saldo Tabungan Berencana Sebelum Jatuh Tempo" dan "Tips Sebelum Membuka Tabungan Berencana" sebagai antisipasi agar suatu saat nanti kalian tidak gagal di tengah jalan. 

Tabungan berencana atau berjangka adalah jenis tabungan perencanaan target keuangan untuk mencapai suatu keinginan dan mengharuskan kita untuk setor setiap bulannya dengan jumlah tertentu yang sudah kita tentukan sendiri. selain aman dan menguntungkan, tabungan jenis ini juga memberikan bunga yang lebih besar dari pada tabungan biasa. namun bagaimana jika tabungan rencana yang kita harapakan untuk mencapai target yang kita inginkan, ternyata putus di tengah jalan karena suatu alasan…

Keuntungan Tabungan Berencana dan Resikonya Jika Diambil Sebelum Jatuh Tempo

Saya rasa sudah hampir semua orang memiliki rekening tabungan di bank. kalo sudah mempunyai rekening tabungan mayoritas mereka memiliki kartu ATM. saya jadi ingat dulu waktu membuat kartu ATM pertama saya, sangatlah ribet tidak segampang seperti saat ini. sekarang hanya pakai KTP pun jadi. dulu punya kartu ATM ada kebanggan tersendiri (bangganya versi anak 18 tahun yang punya hubungan dengan bank 😂) kartu ATM  di buat sebagai alat menerima gaji dari perusahaan tempat saya bekerja.

Waktu mempunyai rekening di bank saya tidak begitu mengerti istilah "ayo, menabung di bank" kalimat yang biasanya di tempel di kaca pintu masuk kantor bank.
"Ah, percuma naro uang di bank toh nanti di gesek, ambil, habis juga kan uangnya"
atau di sisain aja separuh gaji di rekening untuk di tabung?
"Ah percuma nanti gatel kalo butuh, ujung ujungnya gesek lagi".
ya, begitulah dulu pemikiran saya tentang bank. tidak mengerti deposito, bunga, yang saya tau itu Bank cuma tempat or…

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak perubahan setelah seorang wanita hidup berumah tangga, termasuk pribadi dan kebiasaannya. Jujur, jujur banget nget nget haha, dulu waktu ketemu teman lama satu sekolah atau satu tempat kerja ada perasaan gimana gitu, hehe ya gak gimana gimana gitu juga sih. melihat teman kita tetap bisa bekerja di kantor sedangkan kita kucel kucelan di dapur padahal dulu ketika sekolah bareng kerja bareng kita termasuk perempuan sosalita eh, paling update sama makeup. ini mah kayannya kisah gue deh, haha.

okey langsung aja ke inti, ada cerita menarik yang saya baca di MEDSOS seseorang yang bercerita tentang sesorang juga tentang status FB wanita karir lulusan S2 yang lebih memilih minggalkan karier cermelangnya dengan alasan,

 " saya ingin anak-anak dari kecil , di bimbing dan di didik oleh lulusan S2, bukan oleh pembantu yang rata-rata lulusan SD atau SMP "

ada juga yang seperti ini,

 "wanita itu tidak mesti berpendidikan tinggi-tinggi. Toh, pada akhirnya ia akan menjadi ibu…