Tidak sebatas jajanan, 3 Menu Bakso ini Wajib Kamu Coba untuk Hidangan di Hari Besar

by - June 01, 2018


Resep menu bakso

Sudah tidak asing lagi, daging sapi selalu menjadi andalan menu utama dalam hidangan acara besar di Indonesia. Biasanya di indonesia daging sapi diolah menjadi berbagai macam menu, seperti rendang, kari, sop, gulai. Masakan berbahan dasar daging selalu menjadi menu penting di hari perayaan, seperti acara Contohnya syukuran, pernikahan, meeting, ulang tahun, arisan, lebaran, hari upacara/keagamaan. Rasanya menu ini sudah wajib ada dalam sebuah hari perayaan ya 👌😊

Resep menu bakso
Daging merah merupakan sumber protein hewani yang paling tinggi dan menjadi salah satu asupan penting di dalam menu piring gizi seimbang.

Mengingat sebentar lagi umat muslim akan menyambut hari spesial yaitu hari raya Idul Fitri, semua keluarga sudah pasti akan masak besar sebelum H-1. Bisa dilihat dari keramaian pedagang daging sapi di pasar tradisional. Tradisi kuliner ini disebut juga dengan 'belah ketupat'. dengan sajian ketupat/ lontong yang di kuahi semur daging atau opor ayam. Dan acara makan besar ini yang paling ditunggu-tunggu masyarakat muslim kita di indonesia. 😊

Namun sayang, meskipun makanannya sudah heboh, anak-anak masih saja jajan diluar apalagi yang baru dapet THR. Menurut survei disaat liburan lebaran, masyarakat lebih banyak jajan diluar. jajanan yang lebih banyak diminati adalah Bakso. di hari besar seperti idul fitri setelah makan ketupat, sorenya cus untuk ngebakso di luar! Betul buibu?
Gak anaknya aja, emaknya juga sama, hihi 😂

Ngomngin masalah ketupat semur daging sama jajanan diluar terutama anak-anak nih. anak-anak memang kurang suka makan daging dalam olahan yang 'berat'. Makannya pas lebaran anak-anak lebih suka jajan di luar. Alasannya,
🌶️ Masakan daging biasanya diolah dengan banyak bumbu dan pedas. Alhasil yang dimakan ketupat, kuah dan sedikit daging.

🍖 Tidak mengerti teknik masak daging, seperti salah mengolah daging (memotong terlalu besar) membuat daging alot/keras, beresiko lebih membuat daging nyangkut di gigi anak. Anak saya suka sekali daging sapi atau kambing. Nah drama nya itu ketika sisa daging ini menempel di gigi, kadang terasa sakit dan ujung-ujungnya anak akan malas mengunyah atau menggunakan metode KKL (Kunyah, Kenyot, Lepeh) 😂
Resep menu bakso
Jadi olahan daging yang 'berat' menurut saya kurang efektif untuk anak-anak. anak jadi pemilih, misalnya mau makan daging malah lemaknya saja (gajih) sehingga asupan gizi daginya dikurangi atau metode seperti yang saya bilang tadi ' "KKL". Di acara besar seperti idul fitri atau perayaan lainnya, selain hidangan daging, saya juga mau menyisipkan makanan pendamping seperti bakso sebagai cemal cemil tamu dan anak-anak sebagai menu alternatif, agar protein dalam piring seimbangnya tetep dapet.

Kenapa pilih Bakso? 
Bakso kan lebih banyak bahan tambahan dibading dagingnya?

Pertama, anak-anak lebih suka makan daging olahan dibanding masakan daging yang 'berat. Kedua, seperti yang saya bilang tadi Bakso selalu menjadi jajanan favorit di setiap acara. Tapi tenang moms, Bakso yang ini bukan sembarang bakso. Saya selalu pakai Bakso BONANZA untuk hidangan di acara penting.  seperti apa yang sudah pernah saya tulis di blogpost beberapa waktu yang lalu.

Baca juga Review Kuliner: BONANZA BEEF BAKSO vs BAKSO PINGGIR JALAN

Bakso bonanza ini tetbuat dari 84% daging sapi tanpa menggunakan bahan campuran yang tidak berguna, makanya dagingnya berasa banget. Jadi parents gak usah khawatir membuat kreasi menu dari Bakso kalo Baksonya BONANZA, karena bakso BONANZA aman dan halal. tinggal kita mengkreasikannya dengan sentuhan ajaib hulalalaabakadabra!

Resep menu bakso bonanza
Acara demo masak Bakso BONANZA

Resep menu bakso bonanza
Chef Gaby yang sedang membuat bakso bakar yakitori ala jepang


Resep menu bakso bonanza

Terinspirasi dari acara cooking class (Demo Masak Bonanza Beef Bakso) oleh Chef Gaby yang saya hadiri bersama MBC (Moms Blogger Community) beberapa waktu yang lalu di Farmes Market, Summarecon Mal Serpong. Resep yang diajarkan Chef Gaby Dharmadji ini, bisa kita praktekan dengan mudah dirumah. Okeh kita mulai dari yang pertama dulu Yuk, langsung aja kita catat resepnya! Resep yang ingin saya sharing kali ini adalah,
  • Bakso Kuah Spesial ala Rumah
  • Bakso Goreng Crispy
  • Bakso Bakar Yakitori ala Jepang

1. BAKSO KUAH ALA RUMAHAN


Resep menu bakso bonanza
BAHAN:
Kuah bakso
  • 500gr tulang sapi
  • 3 L air
  • 6 buah kemiri
  • 8 buah bawang putih
  • 3 buah dan bawang (putihnya saja) 
  • 8 buah bawang merah (dimasak sampai warna keemasan) 
  • 1 pack bakso BONANZA
CARA MEMASAK:
  1. Panaskan air sampai mendidih, rebus tulang sapi terlebih dahulu selama kurleb 2-3 menit. Angkat dan cuci. 
  2. Masukan 3L air dan tulang sapi. Rebus sampai air panas. 
  3. Haluskan kemiri, bawang putih dan daun bawang. Tumis selama 3-4 menit sampai wangi. 
  4. Campurkan ke kuah dan diamkan sambil direbus. 
  5. Masukan bawang merah yang sudah di masak kedalam air rebusan. 
  6. Godok selama 20 menit dan masukan bakso 10 menit sebelum disajikan. 
  7. Beri garam secukupnya ke dalam kuah bakso. 

2. BAKSO BAKAR YAKITORI ALA JEPANG


BAHAN:
Teriyaki Sauce
  • 1/2 cup kecap asin kikkoman
  • 1/2 cup air
  • 3 sdm gula
  • 1 batang dan bawang (diiris) 
  • Jahe secukupnya lalu diparut
  • 1/4  bawang bombay diiris
  • 4 buah bawang putih dicincang
  • 1/2 sdm minyak goreng
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 pack Bakso BONANZA
  • Selada atau sayuran mentah sesuai selera
CARA MEMASAK:
  1. Tumis bawang bombay, daun bawang, daun jeruk selama 3 menit. 
  2. Masukan bawang putih dan tumis sampai harum. 
  3. Masukan kecap asin kikkoman, air, gula, jahe (tambahkan gula Bila kurang manis) 
  4. Masak selama 6 menit sampai mengental. 
  5. Kreasikan sate bakso BONANZA sesukamu, dan bakar sambil dilumuri saos teriyaki. 

3. BAKSO GORENG CRISPY


BAHAN:
Adonan I
  • 1 buah telur ayam
  • 1/2 cup tepung beras
  • 1/2 cup tepung terigu
  • 2 sdm tepung kentang
  • 2 sdt baking soda
  • 3/4 cup air dingin
  • Gula, garam, lada, secukupnya
Adonan II
  • 1/2 cup tepung beras
  • 1/2 cup tepung terigu
  • Gula, garam, lada, secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • 1 pack bakso BONANZA
CARA MEMASAK:
  1. Masukan bakso BONANZA kedalam Adonan I. 
  2. Masukan bakso kedalam Adonan II. 
  3. Kembalikan bakso kedalam Adonan I, lalu goreng selama 4 menit atau sampai coklat keemasan. 
  4. Sajikan dengan saos dan mayonaise atau sesuai selera. 👌
Nah, itulah resep berbahan dasar bakso untuk cemilan di acara istimewa. Bakso bukan hanya jajanan street vendor saja namun bisa menjadi santapan istimewa di acara besar. Asalkan baksonya Bonanza bukan bakso abal-abal ya, hehe.

demo masak bonanza bersama Mom Blogger community
Selain membawa tips kiat-kiat tentang memasak dari chef gaby, pulang dari acara cooking class semua yang hadir mendapat  godie bag yang berisi paket bakso BONANZA. 

Resep menu bakso bonanza
Anakku seneng banget loh, pulangnya langsung masak bareng deh sama anak.

Resep menu bakso bonanza
Karena hari ini tidak ada acara besar, saya buat menu yang sederhana saja untuk lauk buka puasa.

Resep menu bakso bonanza
yeay, langsung kita eksekusi bakso BONANZA nya. anakku suka banget makan bakso kuah BONANZA, loh.

BONANZA BEEF bakso mengembalikan filosofi bakso sesungguhnya bahwa inilah salah satu budaya kuliner indonesia. 

Informasi lebih lanjut, silahkan cek di;
www.bonanza-beef.co.id
Atau kepoin media sosial Bonanza Beff Bakso disini 👇
Facebook: fb.me/bonanzabeef.id
Instagram: @bonanzabeef.id


You May Also Like

19 komentar

  1. Iya Bun ternyata baksonya beneran enak. Ama saya di buat bakso kuah ala rumahan cuma ditambah pake sayur sawi biar ga perlu repot-repot lagi masak sayur hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh sering makan bonanza sih hehe. Iya yg penting ada sayurnya itu ya heje

      Delete
  2. buatan sendiri, tapi kalau buat sendiri ya bagusnya memang buat jualan he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. betul. Tp kebanyakan org lebih suka yg praktis ya 😊

      Delete
  3. Replies
    1. HEhe.. ngebaksolah, diem diem bae. Mana bakso, bakso bonanza 😁

      Delete
  4. Enak ya bunda baksonya, wajib dicoba

    fr. Lovvanur.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Aku pecinta bakso banget lho Moms. Kalau waktu wadis bisa tiap hari makan bakso. Dan itu turun ke anak hahaha. Rayyan doyan banget. Dulu wktu MPASI aku suka buat sendiri, lama2 pegel jg. Skrg beralih ke Bonanza yang jelas enak banget dan berasa banget dagingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kaya anakku 😂
      Tapi Soal bikin bakso sendiri sy mah paling payah 😂😂 mnding bonanza aja, kualitas rumahaan

      Delete
  6. Aku bgt itu mba libur lebaran suka males masak, karena pasar masih sepi blum ada yg dagang. Jadi ujung2nya jajan deh, tahun ini nyetock bakso bonanza aja deh biar gak jajan bakso diluar. Secara klo lebaran harga bakso suka dinaikin hehe

    ReplyDelete
  7. Pas nih kalo mau mask yang simpel-simpel.. Tinggal cemplung

    ReplyDelete
  8. Pas nih kalo mau mask yang simpel-simpel.. Tinggal cemplung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tinggal cemplung hihi.. gampang ya, bergizi lagi

      Delete
  9. Bakso goreng crispynya bikin penasaran. Bisa dicoba nanti pas lebaran, trims resepnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak beneran 😍 pas banget buat susuguhan

      Delete
  10. Doyan ya dek baksonya pakai bonanza ❤

    ReplyDelete
  11. Saya juga suka banget makan bakso bonanza mbak. Selain enak, dagingnya juga berasa dan halal jadi saya nggak perlu khawatir untuk berikan pada keluarga

    ReplyDelete