Cara Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

by - October 06, 2018

Cara Membeli Tiket Kereta Api Secara Online

Ada banyak kelebihan jika kita keluar kota memilih menggunakan transportasi darat seperti Kereta Api, terutama untuk daerah yang jauh. Dengan menggunakan Transportasi darat seperti Kereta Api jarak waktu tempuh lebih cepat sampai ketimbang naik kendaraan pribadi, bianyapun lebih murah, lebih hemat waktu dan biaya. Hanya saja mungkin kendalanya ada pada lokasi stasiun yang jauh untuk beberapa tempat yang jauh di akses kereta api. Soal fasilitas dan pelayanan di kereta? tak usah khawatir karena PT. KAI terus berupaya melakukan pembaharuan yang semakin baik dan nyaman untuk penumpang. Seperti sekarang ini, memesan tiket kereta api bisa dilakukan secara online.

Bagi kalian yang sudah sering menggunakan transportasi darat seperti kereta api mungkin sudah tidak bingung lagi cara memesan tiket kereta api secara online maupun offline, tetapi untuk kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi yang akan kalian gunakan mungkin akan sedikit bingung, seperti beberapa pertanyaan di benak kalian,

Bagaimana cara memesan tiket kereta api secara online?
Lalu bagaimana cara memperoses tiketnya setelah struk sudah keluar?
Apakah bisa di batalkan jika sudah melakukan transaksi?
dan sebagainya...

Sebenarnya ini adalah pengalaman saya memesan tiket kereta api secara online yang ingin saya share kepada pembaca. Beberapa hari yang lalu saya mendapat pekerjaan di luar kota tepatnya Surabaya. karena ini adalah yang pertama kalinya saya kebagian tugas untuk mengurus akomondasi seperti tiket kereta api dan booking hotel secara online. bisa dibilang susah-susah gampang sih, karena bukan untuk personal saya sendiri tetapi beberapa orang.

(+) Plusnya Memesan Tiket Kereta Api Secara Online
  • Caranya mudah, memilih, memesan, mengisi data
  • Hemat waktu perjalanan menuju stasiun besar
  • Hemat tenaga, tanpa harus capek antri, berdiri, bisa dilakukan dimana saja sambil santai.
  • Mudahnya memilih jenis kereta dan jadwal keberangkatan yang tepat

(-) Minusnya Memesan Tiket Kereta Api Secara Online
  • Tidak bisa dengan tepat mengetahui posisi kursi yang maju atau mundur dari alur laju kereta (bagi yang mudah mabuk, kelas ekonomi berkursi hadap-hadapan)
  • Resiko salah memasukan data diri atau setelah melakukan transaksi
  • Mungkin ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa ditanyakan langsung kepada CS loket Tiket KAI


Baca juga: Naik Kereta Api Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan

okey, langsung saja cara membeli tiket kereta secara online.


  • Log in atau Daftar Terlebih Dahulu di Portal Online Pemesanan Tiket. proses transaksi di e cormme seperti tokped dan sejenisnya,  bisa daftar atau hanya beli saja karena selanjutnya akan di konfirmasi by email. namun saran saya sebaiknya kamu daftar akun untuk memudahagar cek status pemesanan dan mendapat potongan harga/promo lainnya.
  • Pilihlah Jenis Kereta Seperti Kelas dan Jam Keberangkatan. Setelah kamu sudah mantap memilih kelas, harga, jam, dll. langkah selajutnya adalah mengisi data diri. di opsi ada pilihan sekali berangkat untuk kamu yang ingin lebih lama ke luar kota atau opsi PP (pulang pergi). bagi kamu yang hanya sebentar di luar kota atau tidak lebih dari satu hari. Just saran; jika kamu memilih non PP kamu bisa melakukan transaksi 2 kali setelah melakukan pemesanan tiket keberangkatan, kemudian lakukan pemesanan tiket kepulangan. cara ini menghemat waktu.
  • Mengisi Data Diri Calon Penumpang. Data yang harus diisi meliputi nama penumpang (nama sesuai Ktp), no. Ktp, Tlp, Kursi yang dipilih, sebelum selanjutnya ke proses payment. 
  • Lakukan pembayaran yang sudah ditentukan. Setelah melakukan pengisian data diri seperti nama, no.Ktp, tlp, no.kursi. kamu akan diarahkan pada pilihan metode pembayaran. misalnya pilih debitcard atau kartu ATM akan di beri no.rekening yang harus di transfer atau metode paymet melalui minimarket akan di beri kode khusus pembayaran. lakukan pembayaran kurang dari satu jam sebelum sistem mereka cancel otomatis.

Baca juga: Cara Mengubah Nomer Kursi Kereta Setelah Melakukan Transaksi Pembayaran Tiket

Ketika kamu sudah melakukan pembayaran, otomatis akan ada konfirmasi dari pihak penjualan tiket online lewat email. simpan struk baik-baik terutama bagi kamu yang memilih metode pembayaran di minimarket untuk ditunjukan pada pihak stasiun bagian tiket boarding pass atau catat kode boking saat anda cetak tiket boarding pass di stasiun.

Bagaimana, mudahkan cara membeli tiket kereta secara online?

Semoga Bermanfaat!

You May Also Like

2 komentar

  1. Hmmmm, belum pernah beli tiket online. Kalo bocah kan gak punya ktp, itu macam mana ya mba? Atau ada pengecualian..

    Makasih infonya loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo online gak masalah , tapi kadang ada keterangan mintai no.kk sama kaya offline di bawa KK nya atau catering no.kk. tapi selama itu gak diberatkan kok artinya ya gak ribet2 amat hehe

      Delete