Cara Mengurus Perceraian Tanpa Pengacara

by - September 02, 2019

Akta cerai

Mengurus perceraian sampai keluar akta cerai - Mengurus perceraian bagi seorang yang awam memang terlihat ribet, apalagi kita sering lihat di televisi kasus perceraian seseorang yang kerap kali dirumitkan dengan masalah hak asuh, harta gono gini dan sebagainya. Tidak jarang mengurus perceraian di pengadilan paling banyak dilakukan perempuan, dengan macam-macam sebab seperti ditinggal suami bertahun-tahun, digantung hubungan, suami tidak bertanggung jawab mengurus perceraian atau langsung menikah lagi tanpa mau mengurus ke pengadilan agama, dan masih banyak lagi alasan perempuan yang mengurus perceraian ke Pengadialan Agama.

Untuk melakukan perceraian yang terdengar rumit itu berpikir memakai jasa pengacara mungkin lebih baik, karena tidak pusing berdebat, lebih hemat waktu dan tenaga juga keterjaminan pengabulan gugatan hampir 100%. Tapi bagaimana dengan biayanya yang mahal, sedangkan posisi kebanyakan perempuan menuju status janda itu kebanyakan belum cukup penghasilan, apalagi bayar jasa pengacara.

Tapi sebenarnya mudah saja kok, mengurus perceraian tanpa bantuan pengacara. Kuncinya cuma sabar karena akan membutuhkan tenaga, waktu dan ikuti setiap prosedurnya. Sekitar kurleb 4 bulan dari pendaftaran dan proses sampai akhirnya akta cerai keluar. Seperti pengalaman saya yang ingin saya share, Cara Mengurus Perceraian Tanpa Pengacara.

Disini saya sharing sebagai penggugat, atau sesorang yang mengadukan perkara perceraian (sekalipun suami sudah menyetujui perceraian) dan yang dilaporkan statusnya adalah tergugat. Atau kalo suami yang mengadukan perceraian disebut pemohon dan istri adalah termohon, kalo tidak salah seperti itu hehe..

Artikel terkait, Sepenggal Cerita Tentang Perceraian

Berkas yang harus dibawa ke Pengadilan Agama


1. KTP Suami istri
2. KK
3. Akte anak (jika sudah memiliki anak dari pasangan)
4. Surat Nikah
5. Jika kamu berada di luar domisili KTP lampirkan juga surat domisili yang sudah diurus di desa.
6. Matrai 6000, bawalah 4 lembar

Tahap-tahap proses perceraian juga prosedur yang harus dilakukan


1. Daftar di bagian informasi.
Tahap ini kamu bisa bertanya-tanya lebih prihal proses yang akan dijalani juga masalah rumah tangga sehingga kamu ingin bercerai.

Staf informasi akan merujukan ke bagian posbankum atau layanan bagian bantuan hukum. Posbankum berguna untuk kita yang tidak menggunakan jasa pengacara.

2. Pengaduan di Posbankum
Disini kita bisa menjelaskan lebih detail perkara yang terjadi dan staf posbankum akan mencatatnya untuk pengajuan ke hakim nantinya. Usahakan tidak salah alias plinplan karena akan berpengaruh besar terhadap terkabul atau tidaknya permohonan cerai kita nantinya.

Ooo terdengar menakutkan ya, sehingga bikin grogi, yakin gak yakin, hehe... ini juga yang saya rasakan dulu. Alasan ia menikah lagi tanpa persetujuan saya dengan status pernikahan yang tidak diurus? Sepertinya itu bukan alasan kuat agar terkabulnya gugatan? Karena dalam hati saya berkata bahwa suami punya hak menikah lagi. KDRT tidak ada, sering cekcok tidak rukun lagi dan masalah yang mempengaruhi mental kami terutama anak? alasan ini masih masuk pertimbangan gugatan. Namun alasan yang lebih kuat lagi adalah, selama lebih dari 3 bulan itu putus nafkah lahir batin.

Biasanya ada yang namanya mediasi, jika alasannya adalah tidak rukun lagi. Namun saya melewatkan masa mediasi ini karena suami tidak datang untuk mempermudah proses cerai. Lah gimana mau datang wong dia lebih memilih perempuan laen ketimbang rujuk.

Tuh kan jadi curhat lanjut...

3. Menuju loket pengaduan perkara
Disini dibacakan lagi alasan kita menggugat suami, jika ada beberapa kesalahan masih bisa diketik ulang. Juga beberapa berkas yang harus ditandatangani. Ikuti semua instruksinya, seperti mempotocopi banyak berkas yang dibutuhkan, perintah cap pos di kota domisili, yang harus dibawa lagi nantinya saat persidangan.

Contoh surat cerai gugat


4. Panjar uang perkara
Menurut pengalaman saya biaya mengurus perceraian beda-beda dari masing-masing individu. Ada yang 600an, 700, bahkan 800, entah dilihat dari apanya, domisili, daerah pengadilan kah, jarak tempuh memanggil tergugat atau penghasilan penggugat, yang jelas sih tidak sampai 1 juta.

Biaya mengurus cerai

Kecuali kamu banyak jajan di kantin karena menunggu antrian itu butuh tenaga juga kan? Hehe...

Dan biaya perkara itu harus dibayar hari itu juga melalui BRI secara online atau cash.

Kemudian jika sudah melakukan tahap-tahap ke 4 prosedur pengaduan perkara perceraian yang dilakukan hari itu. Tinggal beberapa langkah lagi yakni menunggu surat panggilan sidang pertama yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing suami istri.

Lanjut baca, tahap sidang perceraian


You May Also Like

0 komentar