Berikut Ini 4 Gejala Batu Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

by - October 09, 2019

Batu ginjal

Menurut sebuah hasil survey, di Indonesia, jumlah pengidap batu ginjal atau kencing batu mencapai angka 0,5% dari jumlah populasi. Dimana, penyakit kencing batu ini lebih banyak dialami oleh kaum pria dibandingkan wanita. Hal ini dikarenakan dengan obstruksi saluran kencing pada pria. Penyakit batu ginjal ini sangat berbahaya karena batu ginjal kronis bisa menyebabkan gagal ginjal. Oleh karena itu, sebelum terlambat maka sebaiknya anda mengetahui gejala batu ginjal ini sejak dini sehingga anda bisa mengantisipasinya.

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kencing batu ini merupakan sebuah kondisi saat material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal. Gejala batu ginjal ini tidak akan terasa apabila ukuran batu relatif kecil dan bisa keluar dari saluran kemih bersamaan dengan aliran urine dengan lancar. Gejala batu ginjal ini mulai bisa dirasakan jika batu tertahan di dalam ginjal, batu berukuran terlalu besar melewati ureter, atau batu ginjal menyebabkan infeksi.

Ureter ini merupakan sebuah saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk ureter ini sendiri menyerupai tabung dengan struktur jaringan yang sensitif. Sehingga saat batu ginjal besar melewati ureter, maka batu tersebut akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga bisa menyebabkan iritasi dan berisiko melukai. Oleh karena itu, sebelum terlambat maka sebaiknya anda mengetahui gejala batu ginjal tersebut guna mendapatkan pengobatan dan bisa mengatasinya dengan tepat supaya tidak menjadi batu ginjal kronis yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Berikut ini beberapa gejala batu ginjal yang harus anda ketahui :

1. Nyeri Di Beberapa Bagian Tubuh
Dalam hal ini, nyeri akibat batu ginjal bisa terasa ringan hingga berat. Batu ginjal yang lebih besar memungkinkan menyebabkan rasa sakit saat turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin. Sedangkan bagian tubuh yang sering merasakan nyeri pada umumnya adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, serta di bawah tulang rusuk. Rasa nyeri ini mungkin akan datang secara bergelombang.

2. Mual dan Muntah
Rasa sakit yang disebabkan oleh kencing batu ini mungkin sangat parah sehingga akan membuat anda mengalami mual dan muntah. Saat batu ginjal bergerak ke ureter dan menutup aliran urin, tentunya hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat. Nyeri hebat, mual, dan muntah ini harus segera ditangani dengan diobati obat nyeri kuat, antiemetik, dan cairan infus.

3. Darah Dalam Urin
Darah dalam urin ini dikenal dengan istilah hematuria yang merupakan gejala kencing batu yang paling umum. Dimana, munculnya darah berasal dari luka yang disebabkan oleh batu ginjal saat melewati saluran kencing atau ureter.Batu ginjal yang menyebabkan luka serta mengiritasi ureter dan biasanya darah akan ikut keluar ketika kencing. Disini, urin anda akan nampak terlihat merah muda atau kemerahan tergantung pada beratnya perdarahan. Darah dalam urin ini merupakan gejala yang cukup serius dari penyakit kencing batu.

4. Urin Berwarna Keruh
Pada orang normal yang tidak memiliki kondisi medis tertentu akan memiliki warna urine bening atau kuning. Sedangkan pada orang yang menderita batu ginjal warna urin bisa berwarna keruh dan berbau. Hal ini bisa menjadi tanda infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal.

Nah, bagi anda yang mengalami gejala-gejala seperti di atas, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan secara medis.

You May Also Like

0 komentar