Program Berantas Buta Quran (BBQ) Melalui Lomba Baca AlQuran Metode Mama Papa

by - October 01, 2019



Assalamualaikum ummi, abi...
Sebagai orangtua pasti bangga jika anak kita bisa menjadi Hafidz atau Hafidzah. Namun selain berfokus pada hafalan ternyata ada yang lebih penting dari itu. Yakni menumbuhkan "Cinta Al Quran dulu sebelum menghafalnya". Dengan pendekatan tersebut anak-anak akan lebih mudah belajar. Seperti metode Mama Papa yang dikenal dengan metode cepat baca Quran.

Sebagai apresiasi kepedulian "Tanamkan Cinta AlQuran sejak dini" Yayasan Muslim Sinarmas Land bersama Forum Masjid Mushola BSD serta Yayasan Mama Papa, mengadakan program Berantas Buta Quran (BBQ).

Sejak bulan April hingga Mei 2019 Program Berantas Buta Al-Qur’an telah menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) di Masjid Cikal BSD City. Kegiatan tersebut diikuti oleh 350 ratusan ustad dan guru mengaji dari 77 masjid di sekitar kawasan BSD City.

Metode baca Al-Quran Mama Papa justru berbeda. Metode ini justru melakukan pendekatan cerita. Cara bacanya pun hampir mirip dengamembaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti.

Buku metode cepat baca Al-Quran Mama Papa ini disusun oleh Ustaz Muhammad Taslim, salah seorang guru TK di daerah BSD Serpong. Beliau merupakan lulusan Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/dzulfikar-al-a-la/metode-cepat-baca-al-quran-mama-papa-diajarkan-pada-puluhan-guru-ngaji-1r4wqJnMng9


“Metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Saya memberikan training selama 3 jam kepada para ustad atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya ustad atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya. Para peserta ToT ini  juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan” ujar Ustad H. Muhammad Taslim selaku pencipta metode Mama Papa.

Ratusan anak-anak usia 4 - 12 tahun di BSD City mengikuti lomba membaca Al-Qur’an yang merupakan puncak acara Program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2019. Alhamdulillah, Lomba Brantas Buta Quran ( BBQ) telah sukses dilaksanakan di Masjid Cikal Harapan BSD City (22/09).

Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) di BSD City


BSD City, 22 September 2019 – Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa pada hari ini menyelenggarakan lomba baca Al-Qur’an. Lomba ini diselenggarakan di Masjid Islam Cikal Harapan BSD City dan dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan - Benyamin Davnie. Kegiatan tersebut menjadi puncak acara program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2019, yang telah dilangsungkan sejak bulan April hingga September 2019.

Para peserta lomba merupakan anak-anak yang telah dapat membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa. Kompetisi membaca Al-Qur’an tersebut diikuti lebih dari 500 anak anak berusia 4-12 tahun, yang terdaftar dalam program BBQ dari 77 masjid di sekitar BSD City.

Perlombaan ini dibagi ke dalam 3 kategori, terdiri dari
  • Kategori A untuk anak usia 4-6 tahun
  • Kategori B untuk anak usia 7-9 tahun
  • Kategori C untuk anak usia 10-12 tahun dengan total hadiah sebesar Rp 50 Juta.

Lomba baca Al-Qur’an ini juga diisi dengan tausiyah dari Ustad Solmed yang bertemakan “Mari Memahami Al-Qur’an untuk Anak-Anak”. Program ini bertujuan untuk memberantas buta baca Al-Qur’an serta mengimplementasikan program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat melalui program Berdikari Sehat Damai) di sekitar kawasan BSD City.

Sejak April hingga Juni 2019 sebanyak 350 guru mengaji dan ustad di BSD City mengikuti program training membaca Al-Qur’an secara cepat menggunakan metode Mama Papa yang merupakan rangkaian dari program Berantas Buta Quran (BBQ)

Baca Al Quran metode Mama Papa mendapatkan hadiah dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land.


450 anak usia 4 hingga 12 tahun ikut serta dalam acara lomba baca Al Quran yang diselenggarakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa


Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie hadir di acara lomba baca Al Quran yang berlangsung di Masjid Cikal Harapan BSD City (22/09). Lomba baca AL Quran menjadi penutup rangkaian program Berantas Buta Al Quran (BBQ) 2019.



“Kami berharap program Berantas Buta Al Quran bisa berkontribusi mendidik dan menanaman nilai Al-Quran sejak dini kepada anak anak . Semoga melalui program BBQ dan lomba membaca Al-Quran ini akan membuat anak gemar membaca Al-Quran dan dapat memahami isinya serta mengimplementasikannya menjadi seorang muslim yang membawa rahamat bagi seluruh alam dalam kehidupan sehari-hari”.

Dewan juri menilai sejumlah aspek dalam perlombaan tersebut, diantaranya membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu Al-Qur’an atau tajwid dan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Mama Papa serta adab peserta pada saat mengikuti lomba.

Program BBQ 2019 ini merupakan yang kedua kalinya dan bekerja sama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas Land bersama Forum Masjid Mushola BSD serta Yayasan Mama Papa.

Kita juga bisa menerapkan metode Mama Papa dengan mengikuti programnya, untuk membantu anak-anak belajar cepat menghafal AlQuran. Tentunya menanamkan cinta AlQuran terlebih dahulu yaa.. 😊


You May Also Like

0 komentar