Tanda Luka Operasi Terkena Infeksi dan Pencegahannya

by - December 28, 2019



Infeksi luka operasi biasanya disebabkan oleh bakteri akibat dari paparan antara luka dengan kuman di udara, kuman di kulit, kuman dari dalam tubuh, dan sebagainya. Infeksi lebih rentan terjadi pada orang yang obesitas atau yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah.

Tanda Infeksi Luka Operasi


Luka operasi bisa diketahui terkena infeksi jika pasien merasa sakit/perih, demam, timbul ruamh kemerahan di kulit, luka membengkak, luka panas rasanya, luka berbau, atau timbul nanah. Tentu diagnosa yang tepat apakah luka terjadi infeksi atau tidak harus dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter.

Infeksi luka operasi harus segera diobati oleh dokter, jangan ditangani sendiri di rumah. Pengobatan yang baik akan mencegah penyebaran infeksi dan timbulnya masalah lain seperti tetanus, timbul nanah atau abses, timbul infeksi jenis lain, dan lainnya.

Pencegahan Infeksi Luka Operasi


Infeksi luka operasi bisa dicegah atau dikurangi resikonya. Pasien sebaiknya bersih badannya sebelum menjalani operasi. Setelah operasi luka sebaiknya ditutup dan dijaga juga kebersihannya. Lingkungan atau tempat tinggal juga berpengaruh. Kebersihan rumah harus benar benar dijaga. Meski luka ditutup, namun saat mengganti perban luka mau tak mau harus dibuka, dan di saat itu ada potensi terpapar bakteri dari lingkungan yang kotor.

Jika pasien seorang perokok maka harus berhenti sampai luka sembuh benar. Keinginan untuk merokok bisa diganti dengan mengunyah permen atau permen karet tanpa gula, bisa juga memakan buah. Saat mengganti perban sempatkan juga untuk mengamati luka apakah ada keanehan. Jika timbul warna merah misalnya, silakan menghubungi dokter.

Obat Luka Operasi yang Baik


Obat juga bisa meminimalkan timbulnya infeksi luka operasi. Bukankah semakin cepat luka sembuh maka potensi infeksinya semakin mengecil? Maka pilihan obat luka operasi yang baik cukup penting.

Inbumin adalah obat herbal (jamu) yang bisa membantu mempercepat kesembuhan luka pasca operasi. Kandungan utamanya adalah channa striata purified extract, menjadikannya suplemen yang baik untuk luka operasi.

Untuk mendapatkannya bisa kunjungi laman Goapotik disini. Inbumin juga bisa dibeli melalui aplikasi Goapotik di playstore.

Terakhir tak kalah penting adalah pasien sebelum operasi harus terbuka pada dokter. Ceritakan riwayat penyakitnya apalagi jika pernah atau sedang menderita sakit berat seperti diabetes dan lainnya.

You May Also Like

0 komentar